Friday, February 15, 2008

OIL MARKET REPORT Edisi FEB 2008

Sumber : Badan Energi Internasional

+ Harga minyak mentah sedikit berubah sejak pertengahan Januari lalu hingga sedikit diatas US$ 90/barel. Proyeksi pertumbuhan ekonomi global yang menurun tercover oleh rendahnya persediaan, perkiraan cuaca dingin yang melanda AS dan sebagian Asia, gangguan pasokan dari Nigeria dan Laut Utara, serta kekhawatiran pasokan minyak dari Venezuela.

+ Permintaan produk minyak global diperkirakan mengalami penurunan sebesar 200 ribu bph menjadi 87,6 juta bph pada tahun 2008 ini setelah adanya laporan melemahnya angka pertumbuhan PDB yang dikeluarkan oleh IMF. Melemahnya pertumbuhan PDB di negara-negara OECD berbanding terbalik dengan yang terjadi di China dan Timur Tengah dimana permintaan minyak menjadi sumber utamanya.

+ Pasokan minyak dunia bulan Januari naik 745 ribu bph menjadi 87,2 juta bph dikarenakan tambahan output baru dari Brasil dan membaiknya produksi Non OPEC.

+ Pasokan minyak mentah OPEC bulan Januari mencapai 32 juta bph dimana terjadi peningkatan dari Angola, UEA, Arab Saudi, dan Kuwait namun terdapat penurunan produksi dari Irak, Nigeria, dan Qatar. Kapasitas cadangan efektif OPEC bulan Januari mencapai 2,4 juta bph.

+ Persediaan minyak industri negara-negara OECD turun sebesar 39,5 juta barel pada Desember 2007 akibat terhambatnya pasokan dan operasi kilang pada saat puncak.

1 comment:

Anonymous said...

Hello. This post is likeable, and your blog is very interesting, congratulations :-). I will add in my blogroll =). If possible gives a last there on my blog, it is about the Servidor, I hope you enjoy. The address is http://servidor-brasil.blogspot.com. A hug.