Friday, May 25, 2007

Apa Saja Aktivitas BBMWATCH?

BBMwatch Journal
Boleh dibilang media ini adalah yang pertama di Indonesia yang fokus pada sektor hilir minyak dan gas, bahkan media ini lahir sebelum Pemerintah membentuk badan regulasi pengaturan sektor hilir migas di Indonesia (BPH Migas). BBMwatch Journal disebarluaskan ke seluruh Indonesia dengan sasaran pembaca mulai dari kalangan aktivis, akademisi, media, birokrat pusat dan daerah hingga kalangan praktisi dan pengusaha retail migas/ Pengusaha BBM.

Dalam perkembangannya, content Jurnal berkembang mulai dari bedah kebijakan dan niaga BBM/ SPBU, studi banding sistem dan kebijakan sektor hilir migas di negara luar, publikasi riset internal/ kerjasama seputar distribusi BBM, dan lain sebagainya.

Semua dilakukan melalui penelusuran data dan informasi yang kemudian diolah oleh para editor kami yang memiliki latar belakang peneliti ekonomi di ITB serta pengamat langsung pada kegiatan sektor hilir minyak dan gas bumi baik di Indonesia bahkan manca negara.

Hingga kini BBMwatch Journal telah memasuki tahun ke 5. Jurnal ini secara swadaya didukung melalui pemasangan iklan, penjualan/ berlangganan, kerjasama riset dan survey dengan Pemerintah/ badan usaha hilir migas serta ditopang oleh bantuan dana oleh Unit-Unit Bisnis BBMwatch atau para pendiri BBMwatch.

BBMwatch News dan BBMwatch.com
Dalam perkembangannya, BBMwatch journal kemudian didukung oleh 2 (dua) media elektronik, BBM-watch.com (dalam pembangunan) dan BBMwatch News. BBM-watch.com adalah sebuah media online yang pokok pembahasannya lebih mendalami bidang bisnis/ usaha SPBU serta Analisis Harga BBM (versi beta BBMwatch.blogspot.com). Tujuannya adalah agar publik bisa bisa mendapatkan Informasi & edukasi seketika baik dalam format berita, data, maupun informasi produk-produk terkait dengan bidang BBM umumnya dan SPBU khususnya. Media ini juga menjadi sarana interaksi komunitas di bidang BBM dan SPBU.

Disamping itu BBMwatch juga menerbitkan BBMwatch News. Media ini hanya diterbitkan dalam versi elektronik (format HTML dan Pdf) yang fokus pada isi mengenai ulasan dan analisis prakiraan harga keekonomian Minyak, BBM, Biofuel dan LPG serta mengupas juga Perbandingan harga BBM Indonesia dengan negara luar. Sekali lagi bahwa misi dari media ini adalah untuk memberikan perhitungan pembanding dan juga sebagai buffer (penyangga) dari perhitungan Pertamina dan Pemerintah seperti halnya jurnal, namun bersifat online. Media ini terbuka untuk semua Pengusaha BBM/ SPBU, Industri, Badan Usaha yang terkait dengan sektor ini.

BBMwatch Research
BBMwatch Research menjadi lembaga independen untuk riset, monitoring, dan survey sektor hilir minyak dan gas bumi pertama di Indonesia.

BBMwatch Research merupakan salah satu layanan utama dari BBMwatch Indonesia dalam mengantisipasi kebutuhan akan tenaga peneliti dan surveyor dengan tarif ekonomis namun tetap menjaga kualitas. BBMwatch Research berpengalaman dalam menyediakan jasa survey yang ekonomis dan berkualitas melalui kerjasama dengan Badan/ Perusahaan di bidang Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Berikut beberapa portofolio riset dan survey yang pernah BBMwatch Research lakukan dalam 3 (tiga) tahun terakhir:
+ Monitoring dan Riset Sistem dan Indikasi Penyalahgunaan Distribusi Minyak Tanah, 2005
+ Riset Kebijakan Ekonomi Penghapusan Subsidi BBM, 2005
+ Riset Sistem Benchmark dan Perbandingan Harga BBM Internasional, 2005-2006
+ Riset Potensi Pasar Niaga Retail BBM di Indonesia, 2005
+ Riset Kebijakan Energi dan Aspek Geopolitik Energi Global, 2006
+ Riset Kebijakan Penanggulangan Kelangkaan BBM, 2006
+ Survey Perilaku Konsumen dan Lembaga Penyalur BBM, 2005
+ Riset, Survey Kebutuhan Rasional BBM Pada Sektor Perairan, 2005
+ Riset, Survey dan Uji Efektivitas Sistem SDS pada transportasi BBM ke SPBU, 2006
+ Riset & Pembangunan Sistem Informasi Geografis Pangkalan Minyak Tanah Jakarta, 2006
+ Survey Moda Transportasi LPG dan Pengembangan Biofuel, 2006
+ Riset, Survey dan Penilaian Indeks GDV 300 SPBU, 2006
+ Sosialisasi Penghapusan Subsidi BBM di 9 (Sembilan) Kota, 2006
+ Sosialisasi Pemanfaatan LPG sebagai alternatif Minyak Tanah di 5 (Lima) Kota, 2006
+ Sosialisasi Pengembangan Bahan Bakar Nabati (Biofuel) di 5 (Lima) Kota, 2006

Divisi ini memiliki jaringan simpul BBMwatch yang tersebar hingga tingkat Kabupaten/ Kota di Indonesia meliputi Simpul Sumatera Bagian Utara (Aceh dan Sumut), Sumatera Bagian Tengah (Sumbar dan Riau), Sumatera Bagian Selatan (Jambi, Bengkulu, Babel, Sumsel, Lampung), DKI Jakarta dan Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jogjakarta, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, serta Simpul Irian Jaya Barat.

BBMwatch on Oil Business
Untuk lebih mengaplikasikan pemahaman akan sektor perminyakan maka BBMwatch Indonesia juga membangun beberapa bisnis rill di sektor ini. Diantaranya melalui pendirian SPBU. Namun untuk menjaga profesionalisme dalam hal manajemen pengelolaan, maka unit-unit bisnis yang sedang atau akan dikembangkan BBMwatch dikelola oleh manajemen terpisah. Hal ini juga untuk menghindari benturan konflik kepentingan BBMwatch selaku media & lembaga riset di sektor hilir perminyakan.

1 comment:

SEKJEN PENA 98 said...

* Di sini ada cerita
Tentang cinta
Tentang air mata
Tentang tetesan darah

Disini ada cerita
Tentang kesetiaan
Juga pengkhianatan

Disini ada cerita
Tentang mimpi yang indah
Tentang negeri penuh bunga
Cinta dan gelak tawa

Disini ada cerita
Tentang sebuah negeri tanpa senjata
Tanpa tentara
Tanpa penjara
Tanpa darah dan air mata

Disini ada cerita tentang kami yang tersisa
Yang bertahan walau terluka
Yang tak lari walau sendiri
Yang terus melawan ditengah ketakutan!

Kami ada disini
www.pena-98.com
www.adiannapitupulu.blogspot.com