Friday, January 25, 2008

ELECTRIC POWER TRADE AND INVESTMENT NEWS Edisi 21 JAN 2008

Sumber : Kementerian Koordinator Perekonomian RI

PLN TANDATANGANI KONTRAK PROYEK 120 MW

PT PLN telah menandatangani perjanjian kerjasama dengan konsorsium perusahaan China National Heavy Machinery Corp dan Shandong Electric Power untuk membangun pembangkit listrik tenaga batubara senilai USD 132 juta di Kalimantan Tengah. Demikian menurut laporan Reuters (Senin, 14/1/08) lalu.

"Pembangkit ini akan memerlukan batubara sebanyak 600 ribu ton setiap tahunnya. Pembangkit ini akan selesai dibangun pada tahun 2010,” kata direktur pembangkit listrik, Fahmi Mochtar.

Presiden direktur PLN, Eddie Widiono mengatakan PLN telah mendapatkan dana untuk pembangunan 5 pembangkit listrik tenaga batubara dari 6 bank, demikian menurut The Jakarta Post. Pinjaman perbankan tersebut sebesar 40% total dana yang dibutuhkan atau senilai USD 1,9 milyar.

Pemerintah mentargetkan penambahan listrik sebanyak 10.000MW pada tahun 2009 dengan nilai investasi total sebesar Rp. 45 triliun.

Pembangkit listrik tersebut akan dibangun di wilayah Rembang, Jawa Tengah, Indramayu di Jawa Barat, Labuan Banten dan Suralaya di Banten.

Empat pembangkit listrik tenaga batubara lainnya akan dibangun di Pacitan (Jawa Timur), Pelabuhan Ratu di Jawa Barat Teluk Naga di Banten danTanjung Awar-awar di Jawa Timur.

No comments: