Thursday, September 20, 2007

Kontrak Pengusahaan Migas di Indonesia

Sampai tahun 2000, ada lima jenis kontrak yang dipakai dalam eksplorasi dan produksi minyak yaitu:
(a) Kontrak Karya
(b) Kontrak Production Sharing – KPS (Production Sharing Contract - PSC),
(c) Joint Operating Agreement (JOA atau Joint Operating Body –JOB,
(d) Tecnical Assistance Contract – TAC, dan
(e) Kontrak Enhance Oil Recovery –EOR Contract

Dari kelima jenis kontrak tersebut, hanya PSC yang diatur dengan undang-undang, yaitu UU No. 8 Tahun 1971. Model kontrak di luar PSC lebih merupakan kontrak operasional dengan Pertamina untuk membantu Pertamina mengerjakan wilayah kerjanya.

Kontrak Karya
Kontrak Karya ditandatangani oleh Perusahaan Minyak dan Gas Bumi Negara dengan Kontraktor sesuai dengan ketentuan UU. No. 44 Prp Tahun 1960.
Prinsip dari kontrak ini adalah sebagai berikut:
- Perusahaan Minyak Negara bertindak sebagai pemegang Kuasa Pertambangan, sedangkan perusahaan minyak swasta bertindak sebagai kontraktor.
- Seluruh manajemen dipegang oleh Kontraktor,
- Kontraktor menanggung semua risiko,
- Pembagian produksi dilakukan dalam bentuk uang dengan 60% untuk negara dan 40% untuk kontraktor dengan ketentuan bahwa penerimaan tahunan negara tidak boleh kurang dari 20% dari produksi.
- Masa kontrak 30 tahun untuk wilayah baru dan 20 tahun untuk wilayah lama.
- Kontraktor wajib mengembalikan sebagian wilayah kerjanya kepada perusahaan negara (relinguishment) dua atau tiga kali selama masa kontrak.
- Kontraktor wajib menyediakan minyak mentah untuk memenuhi kebutuhan dalam negari (Domestic Market Obligation –DMO). Jumlah DMO ditetapkan berdasar prorata dengan kontraktor-kontraktor lain, tetapi tidak melebihi 25% dari produksi kontraktor yang bersangkutan. Harga minyak DMO ditetapkan US$0.20/Bbl.

Kontark Karya dipakai hanya sampai tahun 1963, yaitu sejak diintroduksinya Kontrak PSC. Namun Kontrak Karya yang sudah ada itu tetap berlaku dan baru berakhir bulan November tahun 1993.

Kontrak Production Sharing – KPS (Production Sharing Contract - PSC)

Akses Pada Wilayah Kerja
Kontraktor mendapat wilayah kerja melalui lelang

Modal
Kontraktor menyediakan modal untuk investasi dan untuk bekerja dari dana sendiri. Dana pinjaman dapat dilakukan namun tidak diakui oleh Pertamina, dengan implikasi bunga yang diakibatkan modal pinjaman tersebut tidak dapat diperhitungkan sebagai komponen biaya produksi.

Teknologi
Kontraktor membawa teknologinya sendiri, dengan implikasi bahwa jika dipakai teknologi pihak lain maka royalty atas teknologi sewaan tersebut tidak dapat dibebankan sebagai komponen biaya produksi.

Management
Pertamina memegang management dalam arti keputusan penting, harus mendapat persetujuan Pertamina. Jiwa dari ketentuan ini sebenarnya adalah untuk menjaga kepentingan negara dalam masalah yang strategis, misalnya investasi tidak dapat dilakukan untuk hal-hal yang tidak berkait erat dengan kegiatan eksplorasi dan produksi. Ketentuan mengenai manajemen tersebut pernah dilaksanakan secara melampaui batas, misalnya bahwa seluruh pegawai kontraktor harus menjadi anggota Korps Pegawai Republik Indonesia, sehingga harus menyalurkan aspirasi politiknya ke Golongan Karya. Pernah juga bahwa perjalanan dinas para eksekutif Kontraktor PSC ke luar negeri juga harus mendapat ijin Pertamina, yang dinilai banyak pihak sebagai melewati batas.

Bonus
Kontraktor harus membayar bonus-bonus yaitu bonus data dan bonus produksi yang besarnya tergantung pada prospek wilayah yang bersangkutan. Setiap kontrak berbeda.
Besarnya bonus data tergantung banyak sedikitnya informasi yang telah terkumpul pada saat kontrak ditandatangani. Makin banyak informasi yang sudah tersedia, makin mahal bonus data. Bonus produksi adalah semacam severance tax. Makin tinggi tingkat produksi makin tinggi pula bonus produksi yang harus dibayar. Bonus produksi pada awalnya ditetapkan berdasar tingkat produksi hari yang dicapai oleh kontraktor untuk masa tertentu, misalnya jika produksi mencapai 100 ribu barel per hari selama 3 bulan berturut turut, maka Kontraktor harus membayar bonus produksi sekian juta dolar. Namun sistem ini ternyata mengandung kelemahan yaitu kontraktor, dengan berbagai alasan yang “masuk akal”, menurunkan kembali tingkat produksinya setelah hampir 3 bulan berturut-turut, sehingga ketentuan kontrak” selama 3 bulan berturut turut” tidak terpenuhi dan bonus tidak harus dibayar. Bonus produksi yang dirumuskan belakangan menyatakan bahwa jika produksi kumulatif mencapai sekian barel, maka kontraktor harus membayar bonus. Sistem produksi kumulatif sebagai dasar pengenaan bonus produski lebih efektif karena kontraktor tidak dapat lagi menghindar. Kontraktor hanya dapat menunda pembayaran tetapi dengan biaya yang besar baginya.

Pembagian Produksi
Pada dasarnya, produksi dipakai pertama-tama untuk menutup biaya produksi. Sisanya dibagi sekian persen untuk Indonesia dan sekian persen untuk Kontraktor. Dengan cara pembagian seperti itu, menurut Pertamina, yang dibagi adalah produksi, sedangkan menurut banyak ahli ekonomi, sebenarnya yang dibagi adalah laba. Unsur-unsur biaya yang boleh dimasukkan dalam biaya produksi, termasuk perlakuan atas depresiasi dan amortisasi, diatur secara rinci dalam masing-masing kontrak, namun umumnya seragam.

Ada tiga jenis pembagian yaitu:
Pembagian Untuk Minyak
Produksi (P) adalah nilai minyak yang diproduksi. C adalah biaya produksi. Equity to be split adalah P dikurangi C. Jumlah ini dibagi sedemikian rupa sehingga pada akhirnya Indonesia harus mendapat 85% dari ETS dan Kontraktor mendapat 15% dari ETS. Pajak dan Royalty sudah termasuk di dalam penerimaan Indonesia. Oleh sebab itu, dalam kontrak disebutkan bagian Indonesia dalah 73,21% dan bagian Kontraktor 26,79%. Bagian kontraktor tersebut dipajaki dengan tingkat 44% sehingga pajaknya adalah 0,44 x 26,79% = 11.79%. Dengan demikian bagian Kontraktor = 26,79% - 11,79% menjadi 15%. Sedangkan bagian Indonesia menjadi 73,21% + 11,79% = 85%. Perhitungan ini dikenal dengan perhitungan yang di gross-up. Pajak 44% sebenarnya terdiri dari dua bagian, yaitu PPh sebesar 30% dan Pajak atas Bunga Dividen dan Royalty sebesar 20%. Bunga atas Bunga, Dividen, dan Royalty sering juga disebut Witholding Tax. Dengan PPH sebesar 30% berarti Royalty untuk Kontraktor adalah 70% dan inilah yang dikenai witholding tax sebesar 20% atau 0,2 x 70% = 14%. Jadi pajak seluruhnya adalah 30% + 14% = 44%. Pada saat PPH ditetapkan 35% maka witholding tax = 0,2 X 65% = 13% sehingga pajak totalnya adalah 48%.

Pembagian Untuk Gas
Sama dengan pembagian untuk minyak, kecuali bahwa pada akhirnya Kontraktor diberi 30% sedangkan Negara mendapat 70%. Perhitungan gross-upnya dapat dilihat pada Gambar xxx.
Mengapa untuk gas Kontraktor diberi bagian yang lebih besar dibanding minyak, karena memasarkan gas tidak semudah memasarkan minyak. Minyak dapat ditimbun jika jumlahnya kecil, tetapi gas tidak dapat ditimbun dalam jumlah yang besar. Infrastruktur pemasaran gas juga lebih mahal.

6 comments:

Setiana Dewi said...

nama saya dewi Setiana, pemilik peternakan unggas di kota surukarta, yang setia Islam berdedikasi. Apakah Anda berkecil hati atau kecewa? Anda menyesal pernah memulai bisnis? Apakah Anda mengalami masalah? atau Anda baru saja melalui kegagalan bisnis? Anda ingin menghentikan proses kewirausahaan? Anda ingin menempatkan bisnis Anda dan kembali ke sekolah untuk mendapatkan gelar? i adalah korban dari semua tantangan ini, Jika salah satu dari kondisi di atas berlaku untuk Anda, maka saya punya beberapa saran untuk Anda, membangun bisnis yang jelas bukan tugas yang mudah itu adalah proses yang kebanyakan orang takut tantangan yang terlibat dan itulah mengapa banyak orang lebih memilih untuk menjaga karyawan mereka untuk mengambil langkah-langkah berani untuk memulai bisnis sendiri, Anda telah benar-benar membuktikan keberanian Anda membangun bisnis yang sukses dari awal hanya tentang surmounting tantangan, tidak lebih, tidak kurang apapun pengusaha sukses memiliki mulus ke atas dan tidak akan menjadi tantangan, frustrasi dan kegagalan akan selalu ada tapi bagaimana Anda menangani mereka yang menentukan apakah Anda akan berhasil atau tidak banyak orang yang mengatakan mereka meminjamkan semua palsu, saya adalah korban dari penipu untuk 9 bulan. Saya merasa bahwa hidup saya sudah berakhir dan bisnis turun jadi saya mengunjungi situs pengumuman pinjaman, dan saya datang di tuan rumah yang hebat, Mrs. Emiliana, CEO keuangan global yang perusahaan pinjaman terbatas, perusahaan pinjaman kredit terkemuka dunia di asia yang benua, mereka iklan kredit dan saya mengambil iman dan mengajukan permohonan pinjaman dari Rp450,000,000.00 setelah mengisi formulir dan semua proses itu dilakukan, saya diminta untuk memperoleh dokumen perjanjian pinjaman saya, dan setelah saya mendapatkan dokumen perjanjian pinjaman saya, untuk kejutan terbesar saya. Dia memberi saya pinjaman sebesar saya untuk pinjaman Rp450,000,000.00 dengan suku bunga yang sangat rendah dari 2% dan bahkan tanpa agunan, tanpa penjamin dan tidak ada biaya pendaftaran untuk kejutan terbesar saya siap pinjaman saya disetujui dalam waktu kurang dari dua jam saya punya uang di saya akun tanpa apa- apa masalahnya alasan mengapa saya membuat kesaksian ini untuk hari ini untuk sesama orang Indonesia saya, karena dia mengubah semua kesedihan saya untuk sukacita dan tawa rekan-rekan Indonesia saya, dia adalah Allah yang dikirim untuk membantu saya untuk bersaksi hari ini bahwa Anda menelepon adikku dan adikku dan Anda akan puas dengan kehidupan lagi dan semua hidup saya, saya akan sangat greatfull untuk perusahaan meminjam hubungan Mrs. Emiliana, Anda dapat menghubungi Ibu Emiliana untuk pinjaman Anda melalui email-nya: emilianawilson111@gmail.com
 
dan mendapatkan pinjaman hari ini Anda juga dapat menghubungi saya di (setianadewi2020@gmail.com) Anda juga dapat menghubungi saya dian teman irawati yang memperkenalkan saya kepada ibu Emiliana melalui email: (irawatidianna@gmail.com),
 dia adalah orang yang meyakinkan saya untuk membayar biaya saya ketika saya takut bahwa ia mungkin menjadi salah satu penipu internet tapi sayang di antara semua pemberi pinjaman kredit masih seseorang yang peduli apa pun yang tidak pergi ke pemberi pinjaman online, menemukan geniue perusahaan pinjaman mungkin Allah membantu kita semua sekali lagi mengatasi Ibu Emiliana di email: emilianawilson111@gmail.com

Setiana Dewi said...

nama saya dewi Setiana, pemilik peternakan unggas di kota surukarta, yang setia Islam berdedikasi. Apakah Anda berkecil hati atau kecewa? Anda menyesal pernah memulai bisnis? Apakah Anda mengalami masalah? atau Anda baru saja melalui kegagalan bisnis? Anda ingin menghentikan proses kewirausahaan? Anda ingin menempatkan bisnis Anda dan kembali ke sekolah untuk mendapatkan gelar? i adalah korban dari semua tantangan ini, Jika salah satu dari kondisi di atas berlaku untuk Anda, maka saya punya beberapa saran untuk Anda, membangun bisnis yang jelas bukan tugas yang mudah itu adalah proses yang kebanyakan orang takut tantangan yang terlibat dan itulah mengapa banyak orang lebih memilih untuk menjaga karyawan mereka untuk mengambil langkah-langkah berani untuk memulai bisnis sendiri, Anda telah benar-benar membuktikan keberanian Anda membangun bisnis yang sukses dari awal hanya tentang surmounting tantangan, tidak lebih, tidak kurang apapun pengusaha sukses memiliki mulus ke atas dan tidak akan menjadi tantangan, frustrasi dan kegagalan akan selalu ada tapi bagaimana Anda menangani mereka yang menentukan apakah Anda akan berhasil atau tidak banyak orang yang mengatakan mereka meminjamkan semua palsu, saya adalah korban dari penipu untuk 9 bulan. Saya merasa bahwa hidup saya sudah berakhir dan bisnis turun jadi saya mengunjungi situs pengumuman pinjaman, dan saya datang di tuan rumah yang hebat, Mrs. Emiliana, CEO keuangan global yang perusahaan pinjaman terbatas, perusahaan pinjaman kredit terkemuka dunia di asia yang benua, mereka iklan kredit dan saya mengambil iman dan mengajukan permohonan pinjaman dari Rp450,000,000.00 setelah mengisi formulir dan semua proses itu dilakukan, saya diminta untuk memperoleh dokumen perjanjian pinjaman saya, dan setelah saya mendapatkan dokumen perjanjian pinjaman saya, untuk kejutan terbesar saya. Dia memberi saya pinjaman sebesar saya untuk pinjaman Rp450,000,000.00 dengan suku bunga yang sangat rendah dari 2% dan bahkan tanpa agunan, tanpa penjamin dan tidak ada biaya pendaftaran untuk kejutan terbesar saya siap pinjaman saya disetujui dalam waktu kurang dari dua jam saya punya uang di saya akun tanpa apa- apa masalahnya alasan mengapa saya membuat kesaksian ini untuk hari ini untuk sesama orang Indonesia saya, karena dia mengubah semua kesedihan saya untuk sukacita dan tawa rekan-rekan Indonesia saya, dia adalah Allah yang dikirim untuk membantu saya untuk bersaksi hari ini bahwa Anda menelepon adikku dan adikku dan Anda akan puas dengan kehidupan lagi dan semua hidup saya, saya akan sangat greatfull untuk perusahaan meminjam hubungan Mrs. Emiliana, Anda dapat menghubungi Ibu Emiliana untuk pinjaman Anda melalui email-nya: emilianawilson111@gmail.com
 
dan mendapatkan pinjaman hari ini Anda juga dapat menghubungi saya di (setianadewi2020@gmail.com) Anda juga dapat menghubungi saya dian teman irawati yang memperkenalkan saya kepada ibu Emiliana melalui email: (irawatidianna@gmail.com),
 dia adalah orang yang meyakinkan saya untuk membayar biaya saya ketika saya takut bahwa ia mungkin menjadi salah satu penipu internet tapi sayang di antara semua pemberi pinjaman kredit masih seseorang yang peduli apa pun yang tidak pergi ke pemberi pinjaman online, menemukan geniue perusahaan pinjaman mungkin Allah membantu kita semua sekali lagi mengatasi Ibu Emiliana di email: emilianawilson111@gmail.com

Setiana Dewi said...

nama saya dewi Setiana, pemilik peternakan unggas di kota surukarta, yang setia Islam berdedikasi. Apakah Anda berkecil hati atau kecewa? Anda menyesal pernah memulai bisnis? Apakah Anda mengalami masalah? atau Anda baru saja melalui kegagalan bisnis? Anda ingin menghentikan proses kewirausahaan? Anda ingin menempatkan bisnis Anda dan kembali ke sekolah untuk mendapatkan gelar? i adalah korban dari semua tantangan ini, Jika salah satu dari kondisi di atas berlaku untuk Anda, maka saya punya beberapa saran untuk Anda, membangun bisnis yang jelas bukan tugas yang mudah itu adalah proses yang kebanyakan orang takut tantangan yang terlibat dan itulah mengapa banyak orang lebih memilih untuk menjaga karyawan mereka untuk mengambil langkah-langkah berani untuk memulai bisnis sendiri, Anda telah benar-benar membuktikan keberanian Anda membangun bisnis yang sukses dari awal hanya tentang surmounting tantangan, tidak lebih, tidak kurang apapun pengusaha sukses memiliki mulus ke atas dan tidak akan menjadi tantangan, frustrasi dan kegagalan akan selalu ada tapi bagaimana Anda menangani mereka yang menentukan apakah Anda akan berhasil atau tidak banyak orang yang mengatakan mereka meminjamkan semua palsu, saya adalah korban dari penipu untuk 9 bulan. Saya merasa bahwa hidup saya sudah berakhir dan bisnis turun jadi saya mengunjungi situs pengumuman pinjaman, dan saya datang di tuan rumah yang hebat, Mrs. Emiliana, CEO keuangan global yang perusahaan pinjaman terbatas, perusahaan pinjaman kredit terkemuka dunia di asia yang benua, mereka iklan kredit dan saya mengambil iman dan mengajukan permohonan pinjaman dari Rp450,000,000.00 setelah mengisi formulir dan semua proses itu dilakukan, saya diminta untuk memperoleh dokumen perjanjian pinjaman saya, dan setelah saya mendapatkan dokumen perjanjian pinjaman saya, untuk kejutan terbesar saya. Dia memberi saya pinjaman sebesar saya untuk pinjaman Rp450,000,000.00 dengan suku bunga yang sangat rendah dari 2% dan bahkan tanpa agunan, tanpa penjamin dan tidak ada biaya pendaftaran untuk kejutan terbesar saya siap pinjaman saya disetujui dalam waktu kurang dari dua jam saya punya uang di saya akun tanpa apa- apa masalahnya alasan mengapa saya membuat kesaksian ini untuk hari ini untuk sesama orang Indonesia saya, karena dia mengubah semua kesedihan saya untuk sukacita dan tawa rekan-rekan Indonesia saya, dia adalah Allah yang dikirim untuk membantu saya untuk bersaksi hari ini bahwa Anda menelepon adikku dan adikku dan Anda akan puas dengan kehidupan lagi dan semua hidup saya, saya akan sangat greatfull untuk perusahaan meminjam hubungan Mrs. Emiliana, Anda dapat menghubungi Ibu Emiliana untuk pinjaman Anda melalui email-nya: emilianawilson111@gmail.com
 
dan mendapatkan pinjaman hari ini Anda juga dapat menghubungi saya di (setianadewi2020@gmail.com) Anda juga dapat menghubungi saya dian teman irawati yang memperkenalkan saya kepada ibu Emiliana melalui email: (irawatidianna@gmail.com),
 dia adalah orang yang meyakinkan saya untuk membayar biaya saya ketika saya takut bahwa ia mungkin menjadi salah satu penipu internet tapi sayang di antara semua pemberi pinjaman kredit masih seseorang yang peduli apa pun yang tidak pergi ke pemberi pinjaman online, menemukan geniue perusahaan pinjaman mungkin Allah membantu kita semua sekali lagi mengatasi Ibu Emiliana di email: emilianawilson111@gmail.com

Ny. SISKA WIBOWO said...

Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

Rinie Debris said...

Nama saya RINIE DEBRIS, saya ingin menggunakan media ini untuk menasihati semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman Internet kerana begitu banyak pemberi pinjaman Internet di sini adalah semua penipu dan mereka hanya berkongsi cerita untuk menipu wang anda, saya melamar pinjaman sebanyak Rp200,000,000,00 dari seorang wanita di Malaysia dan saya kehilangan sejumlah Rp10,000,000,00 tanpa mendapat pinjaman,

Pada tarikh 27 JUN 2017 ini, rakan saya JULIA SIMON di tempat kerja saya memberitahu saya bagaimana dia memohon pinjaman dari FIRM FUND LOAN FIRM dan dia akhirnya menerima pinjamannya.

Saya tidak pernah mempercayainya sehingga saya pergi bersamanya ke bank untuk mengesahkannya dan saya kagum kerana saya kehilangan banyak wang hanya untuk mendapatkan pinjaman untuk keluarga saya.

Semoga Tuhan memberkati Puan yang baik Puan MARIA GABRIELA untuk apa yang dia lakukan kepada saya dan rumah tangga saya, saya memberitahu rakan saya untuk memperkenalkan saya kepada ibu yang baik. MARIA GABRIELA, Firma PINJAMAN DANA AMANAH, dia melakukannya dan saya memohon pinjaman sebanyak Rp900,000,000,00.
Saya mematuhi terma dan syarat pinjaman syarikat dan permohonan pinjaman saya diluluskan untuk saya tanpa tekanan dan kesukaran.

Akhirnya, saya menerima pinjaman di akaun bank saya dan saya menghubungi rakan saya JULIA SIMON bahawa saya telah menerima pinjaman dan saya juga telah memperkenalkan begitu banyak orang kepada ibu yang baik Puan MARIA GABRIELA,
Saya mahu anda membaca kesaksian saya untuk menghubungi ibu yang baik sekiranya anda memerlukan pinjaman sehingga anda juga akan memberi kesaksian tentang niat baik ibu.

Oleh itu, saya menggunakan jalan ini untuk memberitahu setiap orang Indonesia dan orang lain yang sesuai untuk membaca keterangan saya dan dia memerlukan pinjaman untuk menghubungi Puan MARIA GABRIELA melalui EMAIL (mariagabrielam11g@gmail.com)

Anda masih boleh menghubungi saya jika anda memerlukan maklumat lebih lanjut melalui EMAIL: riniedebrisam11y@gmail.comAnda juga boleh menghubungi rakan saya JULIA SIMON melalui EMAILnya: juliasimon@gmail.com

sekali lagi terima kasih semua kerana membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita semua dan memberi kita umur dan kesejahteraan yang panjang

SURYANTO SURYANTO said...

Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

 Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)