Sunday, January 20, 2008

SHORT TERM ENERGY OUTLOOK Edisi Januari 2008

Sumber : Lembaga Informasi Energi AS

+ Perminyakan Global
Meningkatnya produksi Non OPEC dan rencana penambahan kapasitas OPEC diharapkan akan membuat pertumbuhan permintaan minyak dunia semakin moderat dan menurunkan ketatnya kondisi pasar minyak saat ini. Hasilnya adalah surplus kapasitas produksi akan tumbuh dari level dibawah 2 juta bph menjadi diatas 4 juta bph pada akhir 2009. Keseimbangan ini memberikan pengaruh pada melunaknya harga minyak meskipun terdapat penundaan ataupun revisi penurunan tambahan kapasitas di negara OPEC dan Non OPEC.

+ Konsumsi
Konsumsi minyak dunia diperkirakan naik sebesar 1,6 juta bph pada tahun 2008 dan 2009. Naiknya volume permintaan pada 2008 dan 2009 mencerminkan tingginya konsumsi yang diperkirakan akan berasal dari negara OECD, utamanya Eropa dimana cuaca masih menjadi faktor penghambat konsumsi minyak. Proyeksi menguatnya pertumbuhan ekonomi dunia akan mendorong peningkatan konsumsi minyak di sejumlah pasar OECD termasuk China, negara non OECD Asia, dan Timur Tengah untuk 2 tahun ke depan.

+ Pasokan Non OPEC
Produksi Non OPEC diperkirakan naik sebesar 0,9 juta bph pada 2008 dan 1,6 juta bph untuk 2009. Azerbaijan, Rusia, Kanada, Brasil, AS, China, Sudan, dan Kazakhstan akan memberi kontribusi terbesar pada meningkatnya produksi Non OPEC tahun 2008 dan 2009. Naiknya produksi di negara-negara tersebut diharapkan mampu menutup penurunan produksi di sejumlah negara seperti Meksiko, Inggris, dan Norwegia. Perkiraan pertumbuhan kapasitas produksi begitu sensitif terhadap kemajuan di sejumlah proyek skala besar seperti penundaan proyek Sakhalin II di Rusia, lapangan Marlim di Brasil, dan proyek ACG di Azerbaijan. Fakta terbaru menunjukkan bahwa proyeksi pertumbuhan kapasitas Non OPEC sering lebih rendah dari perkiraan. Pertumbuhan pasokan Non OPEC juga mendapat keuntungan dari tingginya pasokan bahan bakar non minyak mentah seperti bahan bakar nabati, kondensat, dan gas alam cair.

+ Pasokan OPEC
Keputusan produksi para anggota OPEC ditambah langkah dan momen penambahan kapasitas di sejumlah negara akan memainkan peran kunci dalam menentukan kecenderungan pasar minyak dalam dua tahun ke depan. EIA memproyeksikan bahwa produksi minyak OPEC secara rata-rata akan mencapai 32,6 juta bph pada 2008 dan 31,8 juta bph untuk 2009. Peningkatan produksi dari Angola, Arab Saudi, Kuwait, dan Irak telah menambah output minyak OPEC selama triwulan keempat 2007. OPEC akan mengadakan pertemuan di Wina tanggal 1 Februari dan 5 Maret untuk mengevaluasi rencana produksi.

EIA memperkirakan kapasitas minyak OPEC akan naik sebesar 1,4 juta bph untuk 2008 dan bertambah lagi dari jumlah tadi sebesar 1 juta bph untuk 2009. Peningkatan ini sebagian besar berasal dari Arab Saudi. Aljazair, Angola, Nigeria, Qatar, dan UEA juga diperkirakan akan menambah kapasitas produksinya pada periode dua tahun mendatang. Keseimbangan minyak EIA mengindikasikan bahwa surplus kapasitas produksi OPEC terutama Arab Saudi akan naik dari 1,6 juta bph saat ini menjadi 2,1 juta bph pada akhir 2008 dan kemungkinan menjadi 4 sampai 5 juta bph pada akhir 2009.

+ Persediaan
Persediaan minyak komersial OECD terus mengalami penurunan. Berdasarkan data parsial, EIA memperkirakan persediaan komersial total OECD pada akhir 2007 mencapai 2,54 miliar barel.

No comments: